PUBG Diblokir, Tencent Rugi 34 Miliar Dollar

Tencent harus merugi hingga 34 Juta Dollar lantaran salah satu game andalan mereka, PUBG harus diblokir dari India.

08 Sep 2020

A generic square placeholder image with rounded corners in a figure.

Developer game asal Negeri Tirai Bambu Tencent Games mengalami dampak dari pemblokiran game di India. Mereka merugI hingga 34 Miliar Dollar. Bagaimana kisahnya?

Boleh dibilang, game PUBG merupakan game terlaris yang pernah mereka hasilkan di industri game. Total, ada jutaan pengunduh daru game bertipe battle royal ini. Namun pemblokiran yang dilakukan India berdampak besar pada game tersebut. 

Menukil laman Indian Epress, kementrian Informasi dan Teknologi India membuat langkah tegas dengan memblokir PUBG dan 117 aplikasi lain asa China. Langkah yang dilakukan pemerintah dilakukan pasca memanasnya konflik antar kedua Negara. Hal ini mau tak mau berdampak pada pemasukan tencent yang tercatat defisit hingga 34 miliar Dollar atau setara dengan Rp 501,6 Triliun dalam kurun waktu dua hari pasca gim tersebut dilarang pemerintah India. 

Sekedar catatan, kerugian tersebut merupakan yang kedua pasca pelarangan WeChat oleh Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. Sebelumnya,  nilai pasar perusahaan asal Tiongkok tersebut menurun hingga 66 miliar USD atau sekitar 973 triliun rupiah. Namun, Tencent games menegaskan bahwa perusahaannya serius melindungi privasi dan data para penggunanya.

Meski begitu, pemerintah India tetap dalam pendiriannya yakni dengan memblokir apliasi dari China. “Kami selalu mematuhi undang-undang perlindungan data yang berlaku di India dan semua pasar lain tempat kami beroperasi. Kami berharap dapat memastikan ketersediaan berkelanjutan aplikasi kami di India,” kata perusahaan dikutip dari Business Insider India.

Jangan lupa mengikuti update terkini seputar turnamen maupun berita eSports terkini di Indonesia maupun berbagai belahan dunia. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan follow akun resmi Instagram IGL  dan download aplikasinya di Google Play atau App Store