Setiap Persen Keuntungan Free Fire Masuk ke Kantong Tencent? Begini Ceritanya

Diam-diam, Tencent meraup keuntungan dari setiap laba yang dihasilkan oleh Free Fire.

10 Sep 2020

A generic square placeholder image with rounded corners in a figure.

Free Fire merupakan salah satu game bergenre batte royal yang tengah naik daun dalam beberapa waktu belakangan. Total ada 100 juta orang yang bermain FF setiiap harinya. Sekedar catatan, developer game ini, 111 Dot Studio berasal dari Vietnam dan Farena bertugas mempublikasikan game tersebut

Usut punya usut, Tencent berhak untuk setiap keuntungan yang diperoleh dari Free Fire. Menukil laporan yang beredar, sebelum IPO Sea Limited di New York Stock Exchange pada October 2017, Tencent tercatat sebagai salah satu stakeholder pada Sea Limited dengan 39,7% saham dalam perusahaan tersebut meski kabar terbaru menyebut jika sahan Tencent di Sea Limited tereduksi menjadi 25,6%.

Lantas, apa hubungan Tencent dengan Sea Limited? Ternyata, Sea Limited merupakan perusahaan yang menaugi Garena. Artinya, setiap persen keuntungan yang hadir dari game bergenre battle royal itu bisa masuk ke dalam kantong Tencent. 

Bahkan game FF lolos dari banned yang diberlakukan pemerintah India lantaran perusahaan yang menaungi Garena tak berasal dari China. Sekedar indormasi Forrest Li, CEO Garena merupakan pria yang lahir di Tiongkok namun ia sudah resmi menjadi warga Negara Singapura dan Tinggal di Negeri Singa.

Di sisi lain Tencent harus merugi besar lantaran bisnis mereka di negeri Bollywood terganggu lantaran regulasi yang ditetapkan pemerintah India yang melakukan pemblokiran terhadap 118 aplikasi asal China, termasuk PUBG.

Jangan lupa mengikuti update terkini seputar turnamen maupun berita eSports terkini di Indonesia maupun berbagai belahan dunia. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan follow akun resmi Instagram IGL  dan download aplikasinya di Google Play atau App Store